Sah! Hari Ini Sumut memiliki Ketua DPRD yang baru

topmetro.news-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara, Rabu (8/5/2024) melangsungkan rapat paripurna peresmian serta pelantikan Ketua DPRD Sumut, untuk sisa masa jabatan 1999-2024

Dr. Sutarto, M.Si ditetapkan sebagai Ketua DPRD Sunatera Utara, menggantikan Almarhum Drs. Baskami Ginting, yang wafat.

Pelantikan tersebut, berdasarkan Surat Keputusan Kemendagri tertanggal 2 Mei 2024, yang menetapkan Sutarto sebagai Ketua DPRD Sumut sisa masa bakti 2019-2024 terhitung dari tanggal pengucapan sumpah, hari ini.
Pantauan lapangan, hadir pada rapat paripurna tersebut, Pj Gubsu, Hasanuddin, Sekda Provsu, Arief Sudarto, Pimpinan DPRD SU. Juga, Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, Rapidin Simbolon beserta segenap tamu undangan.

Rapat paripurna dibuka oleh Pelaksana Ketua DPRD Sumut, Harun Mustafa.

“Menurut UU no. 23 tahun 2014, Pimpinan DPRD sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah janji dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi. Rapat paripurna ini atas hasil Rapat Badan Musyawarah tertanggal 7 Mei 2024 yang memutuskan pelaksanaan rapat paripurna hari ini,” katanya.

Sementara itu, Pj Gubsu Hasanuddin dalam sambutannya, mengapresiasi kerjasama yang telah dibangun untuk kemajuan Sumut.

Hasanuddin juga menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya, atas pengabdian dan dedikasi Mantan Ketua DPRD Sumut, Almarhum Baskami Ginting selama mengemban tugas.

Hasanuddin mengajak segenap kalangan untuk memberikan sumbangsih ide dan pemikiran terhadap kemajuan Sumatera Utara.

“Kami percaya pengangkatan Ketua DPRD Sumut, Saudara Sutarto akan memberikan sumbangan pemikiran dan gagasan untuk kemajuan Sumut. Pengalaman yang digeluti dalam bidang politik, akan difokuskan untuk kemajuan Sumut dalam fungsi legislasi, anggaran dan budgeting,” jelasnya.

Hasanuddin berharap dengan fungsi yang berkesinambungan antara DPRD dan Provsu dapat memberikan hasil pembangunan yang langsung dirasakan oleh masyarakat.

“Saya mengharapkan DPRD Sumut dapat menjawab tantangan dan melaksanakan pembangunan secara proporsional, sekaligus dapat mengevaluasi program yang kita laksanakan,” tambahnya.

Setelahnya, Ketua DPRD Sumut, Sutarto memandu paripurna pelantikan Pergantian Antar Waktu Anggota DPRD Nasdem, Mahidin Ritonga yang menggantikan, Erwinsyah Tanjung.

Penulis | Erris

Related posts

Leave a Comment